Kamis, 24 September 2015

Recovery Mode pada Android

Apa itu Recovery Mode?

Recovery Mode pada Android

Recovery Mode pada Android - Recovery Mode Android adalah suatu menu Android yang berguna untuk recovery atau memperbaiki kerusakan software Android. Pada beberapa tipe smartphone, upgrade software dapat dilakukan langsung pada kondisi recovery mode. Tidak semua smartphone/tablet Android bisa masuk ke recovery mode, tapi pada beberapa tipe smartphone Android, hal ini dapat diatasi dengan menginstall recovery mode buatan pihak ketiga, seperti ClockwordMod recovery atau xRecovery.

Recovery mode berguna bila smartphone/tablet Anda mengalami hal-hal sebagai berikut:
  • Bila perangkat tidak dapat start atau hanya berhenti di logo saja (atau disebut boot loop). Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya akibat ada aplikasi yang error atau baru saja menginstall aplikasi yang tidak kompatibel dengan smartphone kita (dalam banyak kasus, setelah menginstall font changer)
  • Bila perangkat dapat dinyalakan, namun tidak mau merespon input dari pengguna, misalnya layar tidak mau disentuh (stag) atau tidak dapat masuk ke menu telepon/tablet.
  • Bila kita lupa PIN, Password atau Anda terlalu banyak melakukan percobaan menggambar pola (pattern) pengunci Android yang menyebabkan Anda tidak dapat masuk ke menu.
  • Kerusakan-kerusakan software Android lainnya.
Berikut adalah beberapa tampilan pilihan dalam menu recovery:

Recovery Mode pada Android

Cara Masuk Ke Recovery Mode

Sebenarnya untuk masuk ke recovery mode, kita bisa mencoba sendiri lewat tombol-tombol yang terdapat pada handphone/tablet Android kita. Untuk setiap merek itu berbeda mislnya Galaxy Gio dengan Galaxy Young tapi gak jau berbeda. Biasanya untuk masuk ke recovery mode adalah dengan cara menekan kombinas beberapa tombol secara bersamaan pada perangkat android kita. Tombol itu biasanya adalah tombol POWER + Volume Down, kalau memang tidak bisa, coba Volume Downnya ditekan berulang kali. Kalau tetap tidak bisa Power + Volume Down + Home,Kalau tetap tidak bisa coba berekplorasi sendiri.

Kumpulan kombinasi yang memungkinkan sobat masuk ke recovery mode adalah :

Power + Volume UP
Power + Volume Down
Power + Volume UP + Home
Power + Volume Down + Home

Dan bagi Anda yang ingin mengetahui kombinasi tombol untuk masuk ke Recovery Mode ddari berbagai macam merk handphone atau tablet, silakan baca tutorialnya diSINI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar