Rabu, 23 September 2015

Android Bootloop

Android Bootloop

Android Bootloop - Android Bootloop adalah masalah pada piranti lunak Android dimana system handphone android tidak dapat melakukan proses booting atau start up sehingga tidak bisa masuk ke menu utama. Hal ini ditunjukkan dengan tanda-tanda berupa kegagalan untuk masuk ke dalam sistem, sehingga perangkat hanya menampilkan logo Android atau vendor secara berulang-ulang. Jadi jika anda gagal masuk ke menu handphone dan hanya berhenti pada logo berarti android anda mengalami Bootloop.

Jika perangkat Android mengalami bootloop, jangan panik dan jangan buru-buru ke counter handphone dan membayar ratusan ribu, karena Anda pasti bisa mengatasi bootloop seorang diri.

Penyebab Bootloop

Penyebab handphone android bootloop bermacam-macam seperti kegagalan system, akibat kesalahan pada saat proses rooting handphone anda. Entah itu kesalahan merubah font yang tidak cocok, merubah boot animation, merubah file system UI dan yang lainnya.

Tiap handphone memiliki ketahanan system yang berbeda, ada yang kuat dan ada pula yang rentan terhadap bootloop. Bootloop disebabkan karena kegagalan system, akibat setelah proses rooting kamu melakukan kesalahan. Kesalahan itu bisa bermacam macam, misalnya : merubah FONT atau aplikasi perubah FONT yang tidak cocok, merubah boot animations, merubah file system seperti system UI, Launcher, Framework, Edit Permission, dll. Jadi kesimpulannya kalau cuma Rooting saja tidak akan menyebabkan Bootloop, tapi kegiatan setelah Rooting itu banyak yang dapat menyebabkan Bootloop.

Mencegah Bootloop

Langkah-langkah yang harus di lakukan untuk mencegah bootloop :
  • Jangan melakukan ROOTING jika belum terlatih dalam melakukan edit system.
  • Jika perangkat/handphone kamu tetep ngotot di rooting, maka langkah selanjutnya adalah memasang CWM, CWM ini obat gratis untuk menangkal Bootloop tanpa efek samping seperti hardbrick atau mati total. Namun dalam pemasangan CWM banyak tantangan yang harus di hadapi, seperti tampilan CWM terbalik (Bugs) dan Checksum Md5 mismatch.Lakukan backup data dan system via CWM, jika suatu saat handphone kamu mengalami bootloop maka tinggal di restore file data hasil backup tadi.
  • Jangan sembarangan memasang CWM, pasanglah CWM yang sesuai dengan Handphone Anda.
  • Sering-sering browsing di internet (belajar dari orang lain).

Jenis-jenis Bootloop

Ada 3 kasus bootloop android yaitu Light Bootloop, Medium Bootloop dan Hard Bootloop.
  • Light Bootloop atau Bootloop ringan : ketika Handphone dinyalakan, handphone dapat masuk ke menu utama namun hang dan restart kembali.Biasanya bootloop ini hanya bersifat sementara, kadang-kadang saja kumatnya.
  • Medium Bootloop atau Bootloop sedang : ketika dinyalakan Handphone hanya mampu dan tertahan sampai di Logo Boot animations, namun masih bisa masuk menu recovery/CWM.
  • Hard Bootloop atau Bootloop parah : ketika dinyalakan handphone hanya mampu dan tertahan sampai di Logo Boot animations, namun tidak dapat mengakses menu recovery/CWM.

Cara mengatasi bootloop Android

Setelah mengetahui apa itu bootloop, penyebab dan jenisnya, sekarang kita akan coba mengetahui bagaimana cara mengatasi bootloop di Android.

Baik bootloop ringan,sedang ataupun berat sama-sama membutuhkan penanganan. Bootloop ringan walau Anda anggap tidak menggangu namun suatu saat akan menjadi parah yang tetap akan merepotkan. Jadi, ada baiknya untuk diperbaiki sebagaimana yang direkomendasikan.

Mengatasi Light Bootloop atau Bootloop Ringan

Untuk memperbaiki perangkat yang mengalami bootloop ringan, anda hanya perlu mematikan perangkat Anda (jika hidup) kemudian cabut memori, kartu dan baterai. Kemudian diamkan beberapa saat. Setelah itu pasang dan hidupkan kembali.

Mengatasi Medium Bootloop atau Bootloop Sedang

Untuk mengatasi atau memperbaiki bootloop ini anda harus Menggunakan PC/Laptop untuk membackup data recovery image+File recovery CWM atau Original. Namun Cara ini akan berhasil bila anda pernah backup data ROM anda, jika belum pernah Anda bisa cari data Recovery yang Sama di google Karena Bila tidak sama tentu tidak akan bisa untuk di Restore.

Mengatasi Hard Bootloop atau Bootloop Parah

Mengatasi Hard bootloop atau bootloop parah baru memerlukan langkah-langkah teknis dan disarankan ditangani oleh orang yang berpengalaman atau ke service centre.

Tapi bagi Anda yang mencoba untuk menanganinya sendiri, kami akan menyiapkan tutorialnya untuk Anda. Di Tunggu Ya.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar