Selasa, 22 September 2015

Android Versi 5.0 Lollipop

Android Versi 5.0 Lollipop
 
Android Versi 5.0 Lollipop  - Android Versi 5.0 Lollipop dirilis pada awal bulan November 2015. Jauh sebelum rilis resmi sistem operasi mobile Android terbaru sebagai penerus dari Android Kitkat, telah beredar kabar bahwa Android berikutnya akan menggunakan nomor versi Android 4.5 dengan codename yang muncul saat itu yaitu Lemon Meringue Pie, Licorice, Lollipop dan Moonshine. Akhirnya, codename Android yang tidak menggunakan inisial "L" hilang setelah santer terdengar bahwa Android setelah Kitkat menggunakan codename Android L. Codename Android L pertama kali disinggung pada acara Google's 2014 I/O developer conference yang diadakan di San Francisco pada tanggal 25 dan 26 Juni 2014. Sebagaimana versi sebelumnya yang diberi nama dari nama makanan pencuci mulut (dessert), banyak yang menduga bahwa "L" merupakan inisial dari Lemon Meringue Pie, Licorice atau Lollipop.

Kepastian tentang codename Android generasi berikutnya menjadi jelas setelah Google mengumumkan melalui postingan di blog resminya. Sistem operasi mobile Android berikutnya setelah kitkat menggunakan nomor versi Android 5.0 (bukan Android 4.5) dan resmi bernama Android Lollipop. Android versi 5.0 Lollipop  ini mulai dirilis pada awal bulan November 2014 bersamaan dengan diluncurkannya Nexus 6 (smartphone layar lebar buatan Motorola), Nexus 9 (8.9-inch tablet buatan HTC) dan Nexus Player (sebuah set top box yang memakai platform Android TV, sedangkan Android TV sendiri adalah bagian dari Android Lollipop yang khusus dipakai dalam sistem home entertainment dari Google) ke pasaran.

Android versi 5.0 Lollipop  mengusung perubahan yang signifikan dan diklaim sebagai update terbesar sistem operasi Android sepanjang sejarah. Di versi Android ini, Google telah benar-benar merombak sistem operasi yang kini telah memberi kekuatan ke lebih dari satu milyar device. Dan juga untuk pertama kalinya, Android versi 5.0 Lollipop  telah dioptimalkan untuk arsitektur 64 bit yang tentu saja bisa digunakan baik di smartphone maupun tablet.

Fitur unggulanyang menarik dari Android versi 5.0 Lollipop  adalah :
  • Desain antarmuka (tampilan) yang dinamakan "Material Design".
  • Keamanan berupa enkripsi otomatis semua data di dalam memori
  • Multiple users untuk mengakses sms, menelpon atau melihat galeri dengan login menggunakan smartphone teman
  • Perbaikan konektifitas yaitu perpindahan Wifi ke paket data tanpa terputusnya koneksi
  • 64-bit ART compiler, ART (Android runtime) yang bisa berjalan empat kali lebih cepat dari runtime sebelumnya (Dalvik)
  • Project volta, yang berguna untuk meningkatkan daya hidup baterai 30% lebih tahan lama.
  • ‘Factory Reset Protection’. Fitur ini berguna ketika smartphone hilang, ia tidak bisa direset ulang tanpa memasukkan id google dan kata sandi (password).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar