Kamis, 10 September 2015

Android Milestone Build (Alpha) dan Pre-Commercial Release (Beta)

Android Milestone Build (Alpha) dan Pre-Commercial Release (Beta) - Versi Android diawali dengan dirilisnya Android beta pada bulan November 2007. Versi komersial pertama, Android 1.0, dirilis pada September 2008. Android dikembangkan secara berkelanjutan oleh Google dan Open Handset Alliance (OHA), yang telah merilis sejumlah pembaruan sistem operasi ini sejak dirilisnya versi awal.

Android Milestone Build (Alpha) dan Pre-Commercial Release (Beta)
  1. Android alpha

    Setidaknya terdapat dua versi Android yang dirilis oleh Google dan OHA sebelum diperkenalkannya Android beta pada November 2007. Versi ini diberi nama kode "Astro Boy", "Bender", dan "R2-D2", dinamai berdasarkan nama-nama robot fiksi. Dan Morrill adalah perancang logo Android pertama, namun logo robot hijau yang menjadi maskot Android saat ini dirancang oleh Irina Blok.
  2. Android beta

    Android beta dirilis pada tanggal 5 November 2007, sedangkan software development kit (SDK)-nya dirilis pada 12 November 2007. 5 November kemudian dirayakan sebagai "hari ulang tahun" Android. Versi beta SDK Android dirilis dalam urutan sebagai berikut:
    16 November 2007: m3-rc22a
    14 Desember 2007: m3-rc37a
    13 Februari 2008: m5-rc14
    3 Maret 2008: m5-rc15
    18 Agustus 2008: 0.9
    23 September 2008: 1.0-r1
Kedua versi tersebut adalah versi Android yang direncanakan (Milestone Build) oleh para founder saat itu, tepatnya pada tahun 2007. Menurut salah satu sumber, dua versi alpha ini (Astro Boy-Bender) sebenarnya sudah keluar dan ditanam masing-masing pada smartphone m3-rc20a dan m5-rc15. Selain itu versi ini diperkirakan disematkan juga di smartphone m3-rc22, m3-rc37a, dan m5-rc14. Disebutkan bahwa versi alpha Android Astro Boy yang disematkan di m3 mirip dengan sistem operasi milik Blackberry, sedangkan versi alpha Android Bender yang disematkan di m5 hanya memiliki empat aplikasi, tanpa pengatur aplikasi dan desktop tidak terpakai. Keduanya memakai SDK (Software Development Kit) yang masih preview. Diduga kedua versi alpha Android ini tidak dipatenkan karena melanggar hak cipta dari nama "Astro Boy" dan "Bender" yang sudah diklaim terlebih dahulu oleh pembuat film animasi robot fiksi.


Masih diperdebatkan sampai sekarang tentang versi alpha ini dan beberapa versi Android selanjutnya karena founder Android ternyata lupa sejarah versi yang pernah dibuat dan saat itu Android memang merupakan proyek yang dijalankan secara sembunyi-sembunyi. Supaya tidak terjadi kesalahpahaman persepsi publik, salah satu founder yaitu Dianne Hackborn menyimpulkan bahwa dua versi alpha ini adalah versi percobaan yang direncanakan, sehingga disebut sebagai versi Android sebelum 1.0, karena meskipun dua versi alpha Android ini nyata namun developer tidak pernah menyebut bahwa keduanya adalah Android versi 1.0 dan 1.1. Selain Astro dan Bender, diduga Google dan OHA membuat versi lain yaitu R2-D2 (atau artoo-deetoo) yang lagi-lagi adalah nama salah satu robot fiksi di film Star Wars.

Namun karena takut melanggar hak cipta sehingga tidak dipatenkannya versi alpha ini, rencana berubah dan milestone build Android di modifikasi dengan menyetujui usul Ryan Gibson yang memperkenalkan skema penamaan berdasarkan urutan alfabetis nama-nama makanan manis atau snack atau makanan pencuci mulut yang kemudian ditetapkan sebagai codename diseluruh versi Android, yang katanya secara resmi (karena tidak ada perdebatan codename) dimulai dari Android Cupcake (v.1.5). Apakah anda pernah melihat logo pertama Android yang dirancang oleh Dan Morrill? Mungkin anda akan mengeryitkan kening ketika melihatnya, karena sangat berbeda dengan logo Android sekarang. Coba bandingkan dengan maskot Android yaitu si robot hijau yang dirancang oleh Iriana Blok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar